logo-img

Segera Daftarkan Diri Anda Untuk Menjadi Bagian Dari Mahasiswa STIK Bebas Uang Gedung

PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL ILMIAH DAN PUBLIKASI ILIMIYAH BERBASIS JURNAL OJS

(106 Views)
course-meta
Dibuat Oleh
Admin Web STIK

Dibuat Tanggal

2022-11-30 15:20:39

Kategori

Berita

Tanggal Informasi

28-11-2022

Pada hari senin 28 Nopember 2022, Kopertais wilayah X Jawa tengah , mengadakan pelatihan menulis artikel pada jurnal ilmiah dan publikasi ilmiah. Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Kopertais X Jawa Tengah, Dr. Ruswan, M.A juga dihadiri oleh Ketua FPTKIS Jawa Tengah, Dr. KH.Ahmad Tantowi, M.Si, M.Pd dan diikuti 30 peserta duta dari PTKIS yang ditunjuk oleh Kopertais. Kegiatan mendatangkan tutor , Zaki Mubarok, MH, Dosen dan penulis jurnal pada jurnal-jurnal; bereputasi.

 

Dalam sambutannya Dr. Ruswan menyampaikan bahwa budaya menulis di kalangan dosen Kopertais jawa Tengah masih rendah, dan untuk mendorongnya mungkin diwacanakan bahwa BKD dosen bersertifikasi yang akan datang wajib memasukkan unsur penelitian berupa menulis artikel jurnal dan melalui proses review kelayakan tulisan. Beliau juga memberikan komparasi di wilalayah IV jawa Timur dan Wilayah III Jogyakarta yang sudah memberlakukan kebijakan tersebut. Di samping itu Dr. Ruswan juga menyinggung sistem tata kelola di Beberapa Perguruan Tinggi Agama Islam yang masih berfokus pada pengajaran dan kompensasi berdasar banyaknya SKS mengajar. Sehingga pada pelatihan ini Ruswan berharap budaya menulis ilmiah meningkat, dan pengelolaan jurnal di PTKIS melalui kolaborasi bisa maju bersama.

Selanjutnya Dr. Tantowi dalam prolog pengantar profil tutor, menyampaikan perlunya kolaborasi pengelola jurnal, karena di jawa Tengah umumnya jurnal belum terakreditasi, bahkan ada juga yang belum menggunakan OJS.

Dalam sesi materi yang menghadirkan pembicara tunggal Zaki Mubarok, di bagi menjadi dua sesi. Sesi pertama fokus pada urgensi, motivasi penulisan jurnal bagi para dosen serta jurnal sebagai penunjang karir akademik dosen. Umumnya dosen masih disibukkan pada kompetisi memperoleh jabatan struktural di PT, bukan menghasilkan produk karya ilmiah. Di sisi lain zaki juga menyinggung kebijakan-kebijakan PTKIS jawa tengah masih belum memberikan support pada pembiasaan menulis karya ilmiah, misalkan PTKIS tidak menganggarkan kegiatan riset dan menulis karya ilmiah, tidak adanya tim pengelola jurnal OJS, bahkan ada juga yang sama sekali tidak melakukan kegiatan riset dosen dan penulisan karya ilmiah. Menurut Zaki, hal ini menyalahi tridarma PT yang sudah ditegaskan oleh UU PT. Pada kesempatan tersebut, Zaki juga melakukan pertanyaan kuisioner tentang bagaimana tata kelola jurnal di masing-masing PT dan secara umum terjawab, bahwa sudah ada PTKIS yang cukup men-support budaya menulis, antara lain STAI al Muhammad Cepu, yang menurut pengakuan Solikhin, pengelola jurnal di sana , sudah ada penghargaan Rp. 400.000,- bagi karya ilmiah yang layak terbit, dan akan ditambah apresiasinya jika bisa terbit di jurnal bereputasi.

Pada sesi kedua, zaki menjelaskan mekanisme dan tips-tips menulis jurnal agar lolos pada jurnal bereputasi, termasuk menulis riset dan pengabdian masyarakat untuk berkompetisi di Litapdimas. Zaki juga memberikan motivasi, bahwa yang penting berkarya jangan hanya menulis hanya karena ada bantuan hibah dan salary, menulis adalah bagian dari dunia dosen.

Kegiatan cukup direspon antusias oleh peserta, dengan indikasi sampai waktu berakhir pukul 16.00, masih banyak peserta yang mengajukan pertanyaan dan saran sukses menulis artikel jurnal. Kegiatan ditutup dengan foto bersama dan membuat komunitas melalui grup WA.

Sumber: