logo-img

Segera Daftarkan Diri Anda Untuk Menjadi Bagian Dari Mahasiswa STIK Bebas Uang Gedung

KONGGRES ULAMA PEREMPUAN INDONESIA(KUPI) KE-2, MEMPERKOKOH PERAN STRATEGIS ULAMA PEREMPUAN

(11 Views)
course-meta
Dibuat Oleh
Admin Web STIK

Dibuat Tanggal

2022-11-24 14:49:13

Kategori

Berita

Tanggal Informasi

23-11-2022

LINK VIDEO LIHAT DI SINI

Pada Rabu, tanggal 23 Nopember 2022, Ketua Sekolah Tinggi Islam Kendal, Wakil Ketua 2 dan para dosen Sekolah Tinggi Islam Kendal menghadiri%u201C Konggres Ulama Perempuan Indonesia(KUPI) ke-2 di UIN Walisongo Semarang. Acara Opening ceremony of International Conference berlangsung di Auditorium 2 Kampus 3 UIN Walisongo.

Sebagaimana yang disampaikan Ibu Nyai Dr. Rofi%u2019ah, KUPI ke-2 Ini membahas 5 isu yang dibahas:

1.    Pelibatan perempuan dalam mencegah ekstrimisme beragama demi keutuhan NKRI

2.    Pengelolaan sampah demi keberlangsungan dan kelestarian lingkungan hidup

3.    Melindungi jiwa perempuan dari bahaya kehamilan akibat pemerkosaan

4.    Hukum P2GP (perlukaan dan pemotongan genitalia perempuan

5.    Perkawinan paksa

Menurut Nyai Hj. Badriah Fayumi ketua majlis musyawarah KUPI menyampaikan bahwa KUPI berbeda dengan organisasi yang lain, karena ia adalah sebuah gerakan.

KUPI merupakan ruang perjumpaan sekaligus, ruang bersama. KUPI bukan konggres yang menyusun pengurusan tapi konggres untuk menyatukan cita, visi, strategi, rekan-rekan pemikiran bersama untuk kita menyatukan menjadi agenda sama kita untuk lakukan ruang khidmat kita masing-masing.

Wakil Presiden Indonesia Bapak Prof. KH. Ma%u2019ruf Amin dalam keynote speechnya menyampaikan bahwa dalam islam, perempuan adalah tiang negara dan dalam konteks kebangsaan ulama perempuan sangat strategis untuk mewujudkan ahli sunah wal jamaah.

Rundown kegiatan secara lengkap yaitu meluncur dari kampus STIK jam 06.00 menuju ke kampus 3 UIN Walisongo Semarang, dengan kegiatan pertama, opening ceremony of international conference, kegiatan kedua, Movement of KUPI: paradigm, methodology and approaches, kegiatan ketiga penyampaian materi tentang 5 isu yang terkini. Terbagi menjadi 5 parallel.

Bu rifa, Salah satu peserta dari KUPI 2, menyatakan bahwa kegiatan ini perlu tindak lanjut karena sangat bermanfaat dan menambah wawasan bagi setiap umat.

 

 

Sumber: