logo-img

Segera Daftarkan Diri Anda Untuk Menjadi Bagian Dari Mahasiswa STIK Bebas Uang Gedung

Ketua STIK Kendal, Dr.KH. Ahmad Tantowi,M.Si,M.Pd,,dilantik memimpin FKPTKIS sampai dua tahun ke depan, Pengelola Jurnal Wajib Dapat Kompensasi Disambut Riuh Tepuk Tangan

(26 Views)
course-meta
Dibuat Oleh
Admin Web STIK

Dibuat Tanggal

2022-11-14 20:35:25

Kategori

Berita

Tanggal Informasi

13-11-2022

Pada tanggal 11 Npember 2022, bertempat di Hotel MG Setos , Jalan Gajahmada Semarang, secara resmi Koordinator Kopertais wilayah X Jawa Tengah, Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag. melantik pengurus baru Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Islam Swasta Jawa Tengah, periode 2022-2024.

Pada periode ini, FKPTIS Jawa Tengah diketuai oleh Dr.KH.Ahmad tantowi, Ketua STIK Kendal yang pada kepengurusan sebelumnya menjabat sebagai seretaris. Ke depan Abah Towi, panggilan akrabnya akan menjadi mediator komunikasi lebih dari 50  PTKIS di bawah kepemimpinannya.

Dalam sambutannya , Prof Taufiq mengingatkan semakin beratnya tugas dan peran FKPTIS dalam mendorong peningkatan level kapasitas Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Jawa Tengah, mengingat sebagian besar masih dalam akreditasi C( Baik), dan masih jarang sekali yang sudah meraih level unggul (A) baik di tingkat institusi maupun program studi. Indikatornya banyak, antara lain mahasiswa harus lulus tepat waktu.

Di samping itu Prof Taufiq juga menekankan fungsi perguruan tinggi pada bidang publikasi riset, melalui online jurnal system, karena saat ini reputasi perguruan tinggi bukan di lihat dari tengibilitas fisik, tetapi produk-produk intelektual dalam bentuk karya ilmiah terpublikasi. Hal ini ditekankan oleh Prof Taufik karena mayoritas PTKIS Jawa Tengah masih tertinggal dalam pengelolaan jurnal, terlebih dalam status terakrediasi oleh SINTA. Terakhir Prof Taufiq juga mendorong agar penguasaan teknologi informasi berbasis publikasi riset betul-betul mendapat prioritas.

Dalam sambutannya Ketua FKPTIS yang baru dilantik, menyampaikan gagasan-gagasan aksi kolaboratif dalam berbagai kegiatan tridarma perguruan tinggi, antara lain perlunya MOU dan MOA semua PTKIS di Jawa Tengah dengan mediator FKPTKIS. Salah satu MOU dan MOA yang dicontohkan Abah Towi, panggilan akrabnya adalah dalam pengelolaan jurnal di mana masing PTKIS bisa saling kolaborasi dalam knten artikel, penulisan bersama, saling tukar jurnal manager, reviewer, editor dan saling menjadi peerteaching dalam proses akreditasi.

Apa yang digagas Ketua FKPTIS ini bukan sekedar gagasan idealistik, tetapi sudah direalisasikan dengan kegiatan perdana FKPTKIS yaitu pelatihan pengelolaan Repository dan Jurnal bagi seluruh PTKIS jawa Tengah. Bahkan sambutan Abah Towi ini sempat disambut riuh tepuk tangan hadirin saat beliau menyatakan statemen bahwa pengelola jurnal wajib mendapat kompensasi dari institusinya, bahkan nanti FKPTKIS akan menetapkan acuan standar kompensasinya.

Di akhir sambutannya Abah Towi menekankan partisipasi dan kontribusi seluruh lembaga di bawah FKPTKIS dalam setiap program kegiatan, termasuk nanti pada event poseni mahasiswa 2023 di Universitas Muhammadiyyah Surakarta (UMS) yang diagendakan naik level, bukan hanya level jawa tengah, tetapi level internasional.

Pelantikan berakhir pada pukul 21.00 WIB dilanjutkan dengan Rapat Kerja pembahasan Program Kerja. Beberapa pimpinan Perguruan Tinggi Jawa Tengah, antusias dan optimis bahwa Pengurus FKPTKIS yang baru dapat menjalankan program kerja dengan baik.

 

Sumber: