logo-img

Segera Daftarkan Diri Anda Untuk Menjadi Bagian Dari Mahasiswa STIK Bebas Uang Gedung

PERDALAM LITERASI KEUANGAN DAN PERBANKAN , HMPS EKONOMI SYARI'AH BELAJAR KE OJK DAN BANK INDONESIA

(57 Views)
course-meta
Dibuat Oleh
Admin Web STIK

Dibuat Tanggal

2022-11-05 08:06:02

Kategori

Berita

Tanggal Informasi

03-11-2022

Lihat Videonya klik di sini

Pada Kamis, tanggal 3 Nopember 2022 yang lalu, Himpunan Mahasiswa Prodi Ekonomi Syari'ah STIK Kendal mengadakan kuliah luar kampus ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Wilayah Jawa Tengah dan DIY dan ke Bank Indonesia Kantor Wilayah Jawa Tengah.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa ekonomi syari'ah dari semua semester baik semester I,III,V,VII bahkan IX., sebanyak 40 mahasiswa. Ada juga peserta dari prodi PAI sebanyak 6 mahasiswa serta didampingi oleh jajaran pimpinan STIK Kendal yaitu H. Suciptono M.Pd, selaku Waket I Bidang akademik dan kemahasiswaan, Ahmad Solekhan, S.Ag, M.M. selaku Kaprodi Ekonomi Syari'ah, Rifatul Muna, M.S.I. selaku Sek.Prodi dan Rosidin,M.Pd.I, Sek.Prodi PAI.

Kegiatan ini juga dikombinasikan dengan kegiatan wisata religi dan wisata budaya, berupa ziarah auliya' makam Sunan Pandanarang I dan Kiyai Sholeh Darat Semarang serta wisata ke Maerokoco dan Simpang Lima Semarang.

Menurut Pak Solekhan, Kaprodi Ekonomi Syari'ah kegiatan ini sangat mendukung literasi mahsiswa dalam keuangan dan perbankan bahkan pasar uang dan modal karena banyak sekali penjelasan yang disampaikan oleh narasumber OJK maupun Bank Indonesia terkait problematika ekonomi moneter, fiskal, pasar uang dan modal bahkan kasus-kasus pinjol terkini. Menurut Pak Cip, sapaan akrab Waket I, kegiatan ini sangat relevan dengan tuntutan kurikulum merdeka kampus yang menuntut interaksi dan relasi dengan praktisi sebagai mitra akademik, mahasiswa tidak hanya kuliah bersama dosen di ruang kuliah, tetapi harus memperbanyak pengembangan akademik dengan interaksi luar kampus.

Pada paparan terkait OJK yang disampaikan oleh Mas Tangguh, dari Sie Edukasi OJK, nampak mahasiswa antusias dengan banyaknya pertanyaan terkait paparan , terlebih dengan motivasi dari OJK dengan disediakan souvenir menarik. Demikian pula pada sesi paparan dan tanya jawab di Bank Indonesia yang disampaikan oleh Mbak Hanna dan Mbak Umi, Staf Humas Bank Indonesia, diskusi cukup dinamis, yang juga disediakan souvenir bagi mahasiswa yang bertanya atau menjawab pertanyaan.

Rundown kegiatan secara lengkap yaitu meluncur dari kampus STIK jam 07.30 menuju ke OJK, dilanjut ziarah Sunan Pandanarang dan Kyai Soleh Darat, kemudian menuju Bank Indonesia, Taman Maero Koco dan finish di kawasan Simpang Lima Semarang.

Ketua Panitia, Hamam Zubaidi, merasa bersyukur kegiatan lancar dan cuaca kondusif. Para peserta juga merasa kegiatan ini betul-betul rekreatif dan edukatif, dan berharap agar pada kesempatan yang lain dilaksanakan kembali dengan destinasi yang lain, untuk menambah wawasan dan literasi terkait kompetensi akademik bagi mahasiswa Prodi Ekonomi Syari'ah. Salah satu peserta dari semester VII, Mubarok, berkomentar bahwa kegiatan ini perlu tindak lanjut karena sangat bermanfaat. Demikan pula menurut Frida, dari Annisa dari semester 3, sangat antusias dengan menanyakan apakah lulusan ekonomi syari'ah dapat berkompetisi menjadi pegawai Bank Indonesia. Pertanyaan ini dijawab oleh Mbak Hanna, melalui testimoni pengalamannya bahwa alumni ekonomi syari'ah bisa berkompetisi dalam rekrutment karyawan Bank Indonesia, seperti dirinya.

Sumber: